Rapat Pelaksanaan Tahun Akademik 2021/2022

Pada Jumat, 1 Oktober 2021 telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Perkuliahan Tahun Akademik 2021/2022 yang dihadiri oleh Ketua Yayasan Indah Banjarmasin yaitu Ibu Hj. Aizar Soedarto, MBA, Rektor Universitas Sari Mulia yaitu Ibu Dr. RR. Dwi Sogi Sri Redjeki, SKG., M.Pd, Wakil Rektor I yaitu Ibu Anggrita Sari, M.Pd., M.Kes, Dekan Fakultas, Ketua Jurusan, Ketua Lembaga, Kepala Biro, Tim SMDC dan peserta rapat lainnya.

Pembahasan yang dilakukan dalam rapat mencakup empat agenda penting dalam pelaksanaan tahun akademik baru yaitu mengenai Pembelajaran Bahasa Asing, Kebijakan Tugas Akhir, Koordinasi Bidang Akademik dan Koordinasi Bidang Kemahasiswaan. Diskusi mendalam dilakukan untuk keempat pembahasan tersebut dikarenakan ada beberapa perubahan terkait pembelajaran akademik untuk tahun akademik baru mendatang 2021/2022.

Untuk Pembelajaran Bahasa Asing, telah disampaikan oleh Wakil Rektor I, Ibu Anggita Sari, M.Pd., M.Kes, bahwa mahasiswa baru wajib untuk mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris secara intensif di semester 1 dan 2, kemudian memiliki pilihan untuk melanjutkan mengambil ekstrakurikuler pembelajaran Bahasa Inggris agar dapat mempersiapkan diri demi memenuhi salah satu syarat wisuda yaitu memiliki sertifikat TOEFL dengan bobot minimal 400.

Sedangkan untuk kebijakan tugas akhir telah dijelaskan oleh Bu Dini bahwa ada beberapa perubahan seperti metode pelaksanaan tugas akhir yang akan dapat dilaksanakan melalui penelitian langsung; proses penentuan pembimbing yang dikoordinasikan dengan LPPM dan Prodi menggunakan sistem tema untuk masing-masing pembimbing; pengelolaan sidang tugas akhir yang dimulai dari tahun akademik mendatang akan berupa soft file; serta akan adanya kebijakan baru mengenai tugas akhir untuk tahap profesi yang sebelumnya tidak ada.

Selanjutnya untuk pembahasan bidang akademik yang disampaikan oleh Bu Novita berfokus pada kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) serta perubahan RPS yang akan menggunakan dua bahasa (Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia) dan disesuaikan dengan Feeder DIKTI.

Terakhir untuk bidang kemahasiswaan yang disampaikan oleh Bu Adri, universitas akan tetap mengikuti pedoman kemahasiswaan yang ada. Selain akan lebih berfokus pada kegiatan kemahasiswaan untuk mahasiswa baru juga akan memaksimalkan 3 minggu non-akademik dengan mengimplementasikan berbagai pilihan kegiatan non-akademik kemahasiswaan.

Lebih lanjut dari rangkaian agenda rapat tersebut di atas, dalam rapat kali ini Wakil Rektor I, Ibu Anggita Sari, M.Pd., M.Kes juga menyampaikan apresiasi beliau terhadap jurusan keperawatan dan kebidanan Universitas Sari Mulia yang telah meraih jumlah kelulusan di atas rata-rata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *